Kokohnya Pertahanan Menjadi Kunci Kesuksesan Chelsea

Kokohnya Pertahanan Menjadi Kunci Kesuksesan Chelsea

Kokohnya Pertahanan Menjadi Kunci Kesuksesan Chelsea

The Blues sangat konsisten pada musim ini dan telah berhasil membawa Chelsea sukses meraih gelar Premier League. Penjaga gawang Chelsea yaitu Thibaut Courtois mengungkapkan, bahwa hal tersebut bisa terjadi karena pertahanan tim yang kokoh.

Chelsea telah menjadi tim yang memiliki pertahanan terbaik di Liga Inggris sejauh ini. Klub berjulukan The Blues tersebut hanya kemasukan 27 gol di 35 pertandingannya, yang paling sedikit kebobolan diantara 20 tim.

Kokohnya di lini belakang, Chelsea pun sangat tajam di lini depan. Dalam urusan menciptakan gol, mereka hanya kalah di produktif dari klub Manchester City. Chelsea sudah menciptakan 69 gol, dan Manchester City sudah 71 gol.

Thibaut Courtois merupakan salah satu peran yang sangat penting di balik kuatnya pertahanan The Blues musim ini. Penjaga gawang asal Belgia tersebut telah bermain sangat baik di sejak dirinya dipulangkan dari klub Atletico Madrid.

“Saya berpikir di awal musim kami cukup ofensif sehingga kadang kami merasa rentan pada saat diserang balik,” ungkap Courtois di Sky Sports.

“Saya juga pikir di awal musim ini kami kebobolan cukup banyak gol. Apabila Anda ingin jadi juara, sangat penting untuk bermain bertahan. Anda juga harus bisa memenangkan banyak pertandingan, tetapi anda juga tahu kapan anda harus bertahan,” ucapnya.

“Anda harus bermain dengan performa menyerang sebagai tim yang besar serta bermain bertahan seperti tim kecil yang berjuang untuk menghindari zona degradasi,” kata penjaga gawang berusia 22 tahun tersebut.

“Pada beberapa pertandingan terakhir, saat kami berlaga melawan klub Arsenal, Crystal Palace, serta Queen Park Rangers, ketika kami mengalami kesulitan untuk bisa menemukan celah membobol gawang lawan, kami semua masih bisa memenangkan pertandingan tersebut,” katanya.

Courtois pun tidak mau ambil pusing mengenai komentar negatif dari para pendukung tim lain, yang telah menganggap performa Chelsea sangat membosankan.

“Mungkin tim lainnya serta para suporter lain tak menyukai cara bermain kami. Ya, Tentu saja mereka begitu, karena kami sukses menjadi juara sedangkan mereka semua menginginkan kami kalah,” katanya.

“Kami sangat tangguh saat memasuki enam atau tujuh bulan di musim ini, yaitu kami berhasil menciptakan banyak gol. Tetapi, setelahnya saya berpikir Anda harus bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukan dengan baik,” ucap Courtois.

Share